Berikut tips berkendara aman bersama keluarga saat liburan akhir tahun

Memasuki libur panjang akhir minggu ini, tak sedikit yang merencanakan perjalanan panjang ke luar kota bersama keluarga atau sendiri untuk berwisata dan mengusir kepenatan kerja. Tetapi seringkali agenda perjalanan itu tak dibarengi persiapan yang matang. Terlebih persiapan lahiriah dan peralatan keselamatan. 

Persiapkan kendaraan dengan bagus, khususnya sekiranya menggunakan kendaraan pribadi. Jikalau menyewa kendaraan seperti Jasa Sewa bus, pastikan bis dalam situasi sesuai jalan.
Meskipun persiapan-persiapan ini sungguh-sungguh dibutuhkan sebagai antisipasi supaya tujuan pergi bertamasya benar-benar tercapai. Tak usai dengan keletihan, sakit atau pun kecelakaan yang dapat berujung kematian. 

Direktur Jenderal Penguasaan Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Kementerian Kesehatan, Prof dr Tjandra Yoga Aditama berbagi kiat berguna untuk sebuah perjalanan yang aman dan menyenangkan. Dalam surat elektronik yang diterima detikcom, Kamis (17\\\\/5\\\\/2012), berikut 7 kiat hal yang demikian:

1. Dalam berkendara pastikan Anda dalam keadaan prima dan tak sedang mengonsumsi obat-obatan yang menyebabkan rasa kantuk. Keadaan prima menolong Anda untuk lebih waspada dan siaga jikalau dibutuhkan.

2. Lengkapi alat pelindung diri seperti helm, baju komplit dan sepatu jikalau berkendara sepeda motor. Kalau mengerjakan perjalanan ke luar kota yang jauh dan akan melelahkan, karenanya sebaiknya tak mengaplikasikan sepeda motor. Jikalau memakai kendaraan beroda empat karenanya yakinkan sabuk keselamatan sudah terpasang kalau berkendara. 

3. Sekiranya memakai alat transpotasi lazim lain yakinkan diri Anda mengendarai alat transportasi yang laik dengan mempertimbangkan ketersediaan alat tolong keselamatan seperti alat pemecah kaca pada bis, alat pemadam kebakaran pada segala moda transportasi, dan alat pelampung pada transportasi laut dan udara. Lokalisir jalan keluar terdekat sekiranya terjadi kondisi darurat. 

4. Patuhi regulasi yang berlaku dan kalau Anda berkendara dalam perjalanan panjang, beristirahatlah tiap 4-6 jam. Perjalanan panjang dan rasa lelah akan benar-benar berisiko bagi keselamatan.

5. Berkendara memerlukan fokus, hindari kesibukan lain selagi berkendara seperti menjawab telepon, menulis pesan SMS, BBM atau surel atau aktivitas lain yang bisa membuyarkan fokus berkendara Anda.

6. Pastikan obat-obatan emergency atau pribadi Anda tersedia selama perjalanan

7. Catatlah nomor telepon penting dan darurat jikalau sewaktu-waktu Anda memerlukan.


Itulah 7 kiat ringan untuk menolong jalan-jalan Anda di tamasya panjang minggu ini menjadi lebih aman. Selamat bertamasya!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tips Menata Ruang Tamu Yang Minimalis

Tips Berkendara Aman - Wisata Menyenangkan Bersama Anak